Smart Desa / Desa Digital

Kini eranya digitalisasi dengan konektivitas tinggi yang berimbas keseluruh wilayah termasuk Desa. Pembangunan Desa yang berkelanjutan yang ditopang dengan teknologi informasi dan digital terkini, akan mampu menumbuhkan Desa itu sendiri dari mulai, Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, Pelayanan Pemerintahan dan Membuat roda ekonomi berputar menumbus batas wilayah bahkan bisa ke Mancanegara.

Pelayanan di Desa Digital

Pelayanan pemerintah Desa adalah kegiatan untuk melayani masyarakat tanpa harus menunggu dan tidak panjang birokrasi. Bahkan di Desa Digital / Smart Desa semua itu bisa dilakukan secara mandiri. Karena dihadirkan Aplikasi Pintar dan Mesin pintar untuk melayani kebutuhan masyarakat terkait kependudukan.

Pasar di Desa Digital

Pasar adalah sentral kegiatan ekonomi penting di Desa. oleh karenanya Pasar Desa dibangun menjadi pasar yang tidak hanya menampung kebutuhan pokok masyarkat tetapi juga pasar yang menampung berbagai karya kreatif warga desa tersebut. Dimana setiap desa di desa akan memiliki Pasar Desa Online ( PaDeLin) yang menjual semua produk hasil karya warga desa secara online, sehingga pangsa pasarnya luas, bisa menjangkau dunia.

Koperasi Di Desa Digital

Dengan adanya Koperasi sebagai pengelola keuangan simpan pinjam, Koperasi Desa akan sangat berperan penting dalam pengelolaan keuangan warga desa, sehingga nilai uang akan berputar untuk desa. Sistem Pinjaman , Sistem Simpanan dan bahkan sistem pembayaran akan diintegrasikan dengan sektor desa yang lain, sehingga Koperasi menjadi bank mini milik desa. Dari Desa Untuk Desa, Sehingga kemakmuran Desa menjadi lebih terjamin.

Keamanan di Desa Digital

Masyarakat desa yang aman dan tentram itulah harapan semua Desa, Sistem keamanan di desa digital akan dibangun Command Center Keamanan Lingkungan (CocKamLing ) sebagai media center pemantau keamanan lingkungan, dimana Cockamling akan menampilkan kondisi realtime situasi keamanan Desa. Warga Juga akan diberikan Aplikasi E-Kamling, dimana warga akan bisa berpartisipasi dalam melaporkan kondisi lingkungannya masing - masing yang nantinya akan terhubung Comand Center Keamanan Lingkungan Desa.

Karang Taruna di Desa Digital

Karang Taruna sebagai wadah berorganisasi pemuda pemudi warga desa, akan diberikan fasilitas dan ruangan karang taruna layakanya sebuah co working space, karena mereka akan diarahkan menjadi tim kreatif setiap event di desa tersebut. dan Event itu akan terangkum semua dalam website desa dan sosial media desa. Sehingga mereka menjadi duta desa untuk dunia.

DKM di Desa Digital

Dewan Kemakmuran Mesjid ( DKM ) menjadi wadah untuk para warga desa untuk menimba ilmu keagamaan dan melakukan berbagai kegiatan keagamaan di desa, DKM akan dibekali aplikasi yang akan terhubung dengan mesjid mesjid lainnya, kemudian aplikasi tersebut juga sebagai pusat konsultasi ke agamaan.

Balai Kesehatan Di Desa Digital

Balai kesehatan ini menjadi tempat pusat pemeriksaan kesehatan warga desa yang akan terekam dalam database aplikasi KESMAS, dan tersedia aplikasi untuk warga bisa melakukan pengecekan kesehatan dan melakukan pelaporan secara online ke aplikasi KESMAS tersebut.

Balai Pelatihan Di Desa Digital

Balai Pelatihan ini dibuat dan diselenggarakan oleh pihak desa sebagai pusat pelatihan bagi warga desa prakerja, balai pelatihan ini juga dilengkapi dengan aplikasi learning management system, sehingga pelatihannya bisa terukur. dan ketika warga desa yang sudah lulus dari pelatihan tersebut selain mendapatkan sertifikat, akan masuk datanya ke program LINK and MATCH dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

Balai Padat Karya di Desa Digital

Setelah warga desa mendapatkan pelatihan dari balai pelatihan, maka desa menyediakan inkubator bisnis bagi mereka yang ingin membuka usahanya. Maka Desa akan memfasilitasi dengan membangun Inkubator Bisnis Desa, degan sistem aplikasi yang terintegrasi didalamnya.

Wisata Desa Di Desa Digital

Dengan sistem terintegrasi tersebut maka Desa akan memiliki keunggulannya tersendiri, dari kekhasan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi desa untuk dijadikan Wisata Desa.